Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

PERANAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO DALAM MENGGEMBANGKAN DESA UNGGA SEBAGAI DESA WISATA KAMPUNG PERAK

Abstract

Desa Ungga merupakan salah satu satu desa yang terletak di Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Ungga juga terkenal karena kerajinan peraknya, dan banyak toko seni di daerah wisata yang bermitra dengan perajin di desa ini. Permasalahan yang ada di perajin perak desa Ungga yaitu, kurangnya promosi dan pemasaran produk yang masih terbatas. Program kuliah kerja nyata  universitas Mataram tahun 2023 telah melakukan pemberdayaan perajin perak . Metode pendekatan partisipatif telah di lakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) Pendataan jumlah perajin perak di desa Ungga, 2) Pembuatan media-media promosi kerajinan perak, 3)Pembuatan website e-comerce untuk pemasaran produk kerajinan perak, 4) Melatih operator yang akan mengelola website e-comerce.  Setelah melewati tahapan tersebut tim pelaksana mendekati para perajin untuk identifikasi produk perak unggulan  yang akan di unggah di website. Dari proses tersebut maka website e-comerce dengan .Link;(https://desaunggaofficial.wordpress.com/) telah bisa diakses. Perajin yang sudah memasukkan produk ke e-commerce tersebut yaitu : Jaelani (Jean’s Kreatif),Tamrin’s Silver (Tamrin Creative), Abdul kahar (Dul’s Silver), Farid, (DHIMAS SILVER) (https://unggacreative.mygostore.com). Tim pelaksana juga melakukan survey kepada masyarakat desa Ungga  untuk mencari tanggapan warga dengan adanya website e-comerce dengan cara mengedarkan kuisioner.  tersebut. Dari hasil survey  didapatkan hasil bahwa 90% masyarakat desa Ungga sangat setuju dengan adanya website tersebut dan 10 % yang tidak setuju. Sehingga dapat dikatakan bahwa program pembuatan website tersebut sudah berhasil mengangkat produk kerajinan perak di Desa Ungga.

Keywords

Perak Ungga, Digital Marketing, Kampung Perak

pdf

References

  1. Anonim, U. RI, “Undang Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa,” no. 1. Negara Republik Indonesia, pp. 45–54, 2014, doi: 10.1145/2904081.2904088.
  2. Dadan Mukhsin, (2016) Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Gunung Galunggung (Studi Kasus Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya) Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol.14 No.1 UNISBA 2016
  3. Wahid, N Ramadhan. 2021. Analisis Penerapan Sapta Pesona Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Desa Watakarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan. Universitas Negeri Malang Jawa Timur . Indonesia. ISSN : 2798-1193 . Hal 113
  4. Amirullah. 2016. Penerapan Sapta Pesona di Pantai Polewali Kabupaten Poliwali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Kepariwisataan Volume 10 No. 2. Makassar : P3M Politeknik Pariwisata Makassar.
  5. Paturusi, Syamsul Alam .2008 .Perencanaan Kawasan Pariwisata. Denpasar: Udayana University Press.
  6. A.Yoeti. (1997).Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata.Jakarta: PT Pradnya Paramita
  7. Kanom.2015 . Strategi Pengembangan Kuta Lombok Sebagai Destinasi Pariwisata Berkelanjutan .Jurnal Master Pariwisata . ISSN: 2406-9116. Hal : 27.S
  8. M. Mustika, “Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 2, no. 2, pp. 165–171, 2019, doi: 10.36085/jsai.v2i2.352.
  9. Arnis Rochma Harani, Fahmi Arifan, Hermin Werdiningsih, Resza Riskiyanto (2017) Pemetaan Potensi Desa Menuju Desa Wisata Yang Berkarakter (Study kasus : Desa Pesantren Kec Ulujami Kab Pemalang) Jurnal MODUL, vol. 17, no. 1, pp. 42-47, Sep. 2017.https://doi.org/10.14710/mdl.17.1.2017.42-4tp://ejournal.undip.ac.id/index.php/modul
  10. Ahmad. Soleh,(2017) “Strategi Pengembangan Potensi Desa,” J. Sungkai, vol. 5, no. 1, pp. 35–52, 2017. Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Padjajaran
  11. Ariefa Hadi Putra,Fathurrahim, Rizal Kurniansah (2022) Pengembangan Potensi Wisata Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah Journal Of Responsible Tourism , Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, Vol.2, No.1, Juli 2022
  12. I. Nasai, “Kerajinan Perak Produksi Rumahan Di Pampang, Paliyan, Gunungkidul: Ditinjau dari Perkembangan Motif dan Teknik,” 2018.
  13. V. R. Pattipeilohy, “Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon),” J. Maneksi, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.31959/jm.v7i1.78.