Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

PEMANFAATAN PEKARANGAN DENGAN SISTEM PENANAMAN KOMBINASI HIDROPONIK DAN ORGANIK MENGGUNAKAN BOTOL PLASTIK DI DESA SAMA GUNA

Abstract

Rumah Pangan Lestari (RPL) atau disebut dengan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan tema KKNT Unram yang berlokasi di Desa Sama Guna. Konsep dari Rumah Pangan Lestari adalah pemanfaatan pekarangan rumah yang ada untuk budidaya tanaman dalam rangka ketahanan pangan. Sosialisasi mengenai Pekarangan Pangan Lestari adalah salah satu cara pendekatan dan pengenalan kepada masyarakat Desa Sama Guna mengenai konsep Pekarangan Pangan Lestari , sehingga dapat diterapkan oleh masyarakat Desa Sama Guna. Budidaya tanaman kangkung menggunakan botol plastik bekas merupakan salah satu penerapan Pekarangan Pangan Lestari yang dapat dilakukan masyarakat karena cukup mudah dan sangat sederhana. Budidaya tanaman kangkung tersebut dilakukan dengan menerapkan sistem penanaman kombinasi organik dan hidroponik yang aman untuk lingkungan sekitar. Setelah tahap sosialisasi dilanjutkan dengan pelaksanaan menanam budidaya tanaman kangkung.dengan menggunakan botol plastik bekas melalui prinsip sistem penanaman  organik dan hidroponik yang cukup mudah untuk dilakukan karena menggunakan limbah botol plastik bekas dan hanya menyediakan media tanam tanah dan air, serta cukup efisisen karena menanam tanaman kangkung tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Keywords

hidroponik, organik, pemanfaatan pekarangan

PDF

References

  1. Faizah dkk. (2020). Pemanfaatan Pekarangan dengan Metode Tanam Hidroponik dari Botol Bekas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pertanian. 1(1) : 34-37.
  2. Hafid dkk. (2021). Kuliah Kerja Nyata Pemanfaatan Pekarangan Rumah. Jurnal Lepa-lepa Open.
  3. (1) : 68-77.
  4. Ismail Marzuki, dkk. 2021. Budi Daya Tanaman Sehat Secara Organik. Medan : Yayasan Kita
  5. Menulis.
  6. Maulana, Denny. 2018. Raih Untung dari Budidaya Kangkung. Yogyakarta : Trans Idea
  7. Publishing.
  8. Paeru R.H dan Trias Qurnia Dewi. 2021. Aquaponik dan Hidroponik di Pekarangan. Depok : Penebar
  9. Swadaya.
  10. Anonim. 2022. Desa SAMA GUNA Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa
  11. Tenggara Barat. https://samaguna.lombokutarakab.go.id (15 Agustus 2022)

Most read articles by the same author(s)