INOVASI ABON IKAN TONGKOL BERBASIS EKONOMI IRU DI DUSUN PANDANAN DESA MALAKA KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA
Abstract
Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, memiliki potensi sumber daya laut yang melimpah, khususnya ikan tongkol yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Mataram bertujuan untuk membuat pelatihan inovasi rasa baru pada produk abon ikan tongkol dan sekaligus promosi produk. Metode yang digunakan ialah observasi dan wawancara pada awal survei dengan menghasilkan metode pelatihan yang rinci. Melalui pelatihan ini telah menghasilkan inovasi abon ikan rasa baru, berupa Spicy Lime Leaves. Selain itu, promosi produk dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Shopee, dan TikTok Shop untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.
Keywords
Desa Malaka, abon ikan tongkol, inovasi, promosi
References
- Septiana, S. (2018). Sistem Sosial-Budaya Pantai: Mata Pencaharian Nelayan dan Pengolah Ikan di Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 13(1), 83-92. https://doi.org/10.14710/sabda.13.1.83-92
- Sugara, A., Anggraini, S., Wulandari, Y., Suryanita, A., Anggoro, A. (2022). Potensi Sumberdaya Ikan Tongkol (Euthynnus sp.) pada Alat Tangkap Purse Seine Pelabuhan Perairan Nusantara Sibolga. Jurnal Laut Khatulistiwa, 5(1), 25. https://doi.org/10.26418/lkuntan.v5i1.52435
- Anwar, C., Irhami, M.K., (2018). Pengaruh Jenis Ikan dan Metode Pemasakan terhadap Mutu Abon Ikan. Jurnal FishtecH, 7(2), 138–147. https://doi.org/10.36706/fishtech.v7i2.5679
- Luthfiyah, M. F. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas Dan Studi Kasus.
- Fadhallah, Wawancara, (Jakarta Timur : UNJ Press, 2020), Hal 2.
- Purnavita, S., Sriyana, H.Y., Widiastuti,T. (2018). Kemasan Menarik dan internet Marketing untuk meningkatkan nilai jual Emping Garut sebagai produk unggulan Kabupaten Sragen, E-Dimas Education-Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 88-97. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2260