Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

PENINGKATAN LITERASI TEKNOLOGI MELALUI SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMROGRAMAN ARDUINO DI SMPN 6 MATARAM

Abstract

Perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 menuntut generasi muda untuk memiliki literasi teknologi yang baik guna menghadapi tantangan masa depan. Program sosialisasi dan pelatihan pemrograman Arduino di SMPN 6 Mataram dirancang untuk meningkatkan p emahaman siswa mengenai konsep dasar pemrograman dan elektronika melalui pendekatan praktis. Pelatihan ini melibatkan siswa dalam pengembangan proyek mini menggunakan Arduino, seperti robot sederhana dan sistem otomatisasi. Program ini terdiri dari lima tahapan: persiapan, pembukaan, pelatihan teori, praktik, serta evaluasi dan tindak lanjut. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa ketiga kelompok peserta memiliki hasil yang hampir merata, dengan nilai tertinggi pada Kelompok 1 (34%) dan masing-masing 33% untuk Kelompok 2 dan 3. Perbedaan kecil antar kelompok mengindikasikan perlunya pendekatan tambahan untuk menyamakan pemahaman. Program ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran literasi teknologi yang dapat diterapkan di sekolah lain, sehingga siswa memiliki keterampilan teknologi yang relevan untuk masa depan.

Keywords

Selected:Technological literacy, Arduino programming, education, nnovation, student training

pdf

References

  1. S. Timotheou et al., Impacts of digital technologies on education and factors influencing schools’ digital capacity and transformation: A literature review, vol. 28, no. 6. Springer US, 2023. doi: 10.1007/s10639-022-11431-8.
  2. M. A. Chaudhry and E. Kazim, “Artificial Intelligence in Education (AIEd): a high-level academic and industry note 2021,” AI Ethics, vol. 2, no. 1, pp. 157–165, 2022, doi: 10.1007/s43681-021-00074-z.
  3. Kominfo, “Survei Status Literasi Digital Indonesia 2022,” Katadata Insight Cent., no. Status Literasi Digital di Indonesia, p. 80, 2022, [Online]. Available: https://survei.literasidigital.id/
  4. T. Sasao and J. T. Butler, “Synthesis Lectures on Digital Circuits and Systems: Preface,” Synth. Lect. Digit. Circuits Syst., vol. 26, 2010.
  5. A. Tella, “The determinants of library and information science undergraduate students’ first impression of university library websites,” Educ. Inf. Technol., vol. 24, no. 1, pp. 277–294, 2019, doi: 10.1007/s10639-018-9769-4.
  6. F. Z. Rachman, S. Suhaedi, H. Hadiyanto, and I. Ihsan, “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bidang Sistem Kendali Menggunakan Modul Arduino Di SMK Pangeran Antasari Balikpapan,” Loyal. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, p. 136, 2020, doi: 10.30739/loyal.v3i2.366.
  7. N. Pada, M. Pelajaran, T. Pemrograman, B. D. Waluyo, and K. Simanjuntak, “MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N . 1 LUBUK PAKAM terhadap guru dan siswa potensi siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Audio Video dalam,” vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2020.
  8. L. Lihua, “Research on the Training Method of Students ’ Innovative Ability in Computer Teaching Based on Computing Thinking in Colleges and Universities,” no. Icetem, pp. 1147–1150, 2019, doi: 10.25236/icetem.2019.243.
  9. S. M. Ritter, X. Gu, M. Crijns, and P. Biekens, “Fostering students’ creative thinking skills by means of a one-year creativity training program,” PLoS One, vol. 15, no. 3, pp. 1–18, 2020, doi: 10.1371/journal.pone.0229773.
  10. S. M. Ritter and N. Mostert, “Enhancement of Creative Thinking Skills Using a Cognitive-Based Creativity Training,” J. Cogn. Enhanc., vol. 1, no. 3, pp. 243–253, 2017, doi: 10.1007/s41465-016-0002-3.
  11. O. C. Proceedings, “A Development of Analytical Thinking Skills of Graduate Students by using Concept Mapping,” Asian Conf. Educ. 2013, pp. 1–16, 2013, [Online]. Available: www.iafor.org

Most read articles by the same author(s)