Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

PENINGKATAN KOMPETENSI KODE MORSE BERBASIS HIGH FREKUENSI PADA ORGANISASI RADIO LOKAL MATARAM

Abstract

Amatir  Radio adalah mereka yang memiliki izin dari Pemerintah dibidang elektronika, radio dan komunikasi. Dalam melakukan kegiatan berkomunikasi, Amatir Radio   dapat  menggunakan  beberapa  Moda seperti  Single Side Band (SSB), Continuous Wave(CW), Radio Teletype (RTTY), Packet Radio, PSK 31, dan lain-lain. Kode morse memiliki istilah lain yaitu Telegrafie atau disebut juga dengan istilah kata sandi morse. Mempelajari kode telegrafie sama dengan mempelajari bahasa baru, yaitu Bahasa Kode. Salah satu ketentuan regulasi mengenai amatir radio, International Amateur Radio Union (IARU) menyatakan bahwa seorang amatir radio harus dapatmenerima dengan telinga dan mengirim dengan tangan kode-kode morse Internasional, walaupun dengan kecepatan rendah. Salah satu yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah mode komunikasi dengan Continuous Wave (CW). Metode yang dipergunakan adalah mengelompokkan huruf-huruf berdasarkan huruf yang mewakili kode morsenya. Penggunaan kuesioner kepuasan dan kuesioner kecepatan untuk mengukur tingkat pemahaman anggota, dianalisis dengan statistik dasar. Dari hasil Analisis statistik dasar dapat dikatakan bahwa anggota yang mengikuti tahapan ujian tingkat nasional memiliki kemampuan yang kuat sehingga kecepatan dalam menerima materi dan kemampuan menyerap menjadi lebih cepat.

Keywords

Kode Morse, High Frequency, Radio Teletype

PDF

References

  1. Dudy Wijaya Rampi. 2010. Berkomunikasi Menggunakan Kode Morse. https://lms.onnocenter.or.id/wiki/index.php/Berkomunikasi_Menggunakan_Kode_Morse. Diakses 5 Maret 2021.
  2. Thegorbalsla. 2021. SANDI MORSE : Rumus, Contoh, Sejarah, Cara Menghafal (Lengkap). URL. https://thegorbalsla.com/sandi-morse/. Diakses 2 September 2021.
  3. ORARI Pusat, 2002. CW Morse. http://ftp.unpad.ac.id/orari/orari-diklat/pemula/teknik-operasi/operating-procedures/Aktiv-CW.htm. Diakses 1 September 2021.
  4. Alif. 2015. Cara Cepat Mudah Hafal Sandi Morse. https://liphaj.wordpress.com/2015/11/10/cara-cepat-mudah-hafal-sandi-morse/. Diakses 5 Maret 2021.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.