Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer
This is an outdated version published on 2022-03-16. Read the most recent version.

POTENSI KAWASAN WISATA SEBAGAI DAYA TARIK WISATAWAN DI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Abstract

Salah satu desa yang cocok untuk dijadikan kawasan wisata karena memiliki banyak potensi didalamnya adalah Desa Bukit Tinggi. Obyek wisata unggulan di Desa Bukit Tinggi dikenal dengan sebutan kawasan air terjun Tibu Tereng oleh masyarakat desa setempat. Kawasan air terjun tersebut memiliki beberapa air terjun yakni air terjun Sangkok Pelayang, Tibu Tereng, Tibu Kelambu dan Batu Mesan. Selain  potensi wisata air, desa Bukit Tinggi memiliki potensi penghasil air nira yang melimpah. Aktivitas pengolahan air nira menjadi bermacam bentuk seperti gula batok, gula semut, termasuk gula meriket, sebagian besar masyarakat menggunakan cara tradisional dan aktivitas nyadap dapat dijadikan sebagai salah satu dari aktivitas pariwisata desa. Potensi yang dimiliki Desa Bukit Tinggi dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata kepada wisatawan yang berkunjung. Namun, kendala dialami masyarakat desa setempat ialah masyarakat belum sepenuhnya sadar akan potensi yang dimiliki desanya untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Selain itu, kendala lainnya kurangnya upaya untuk mempromosikan desa wisata terkhusus wisata air terjun dan fasilitas di kawasan air terjun kurang memadai sehingga kunjungan wisatawan masih rendah. Desa Bukit Tinggi pada dasarnya memiliki akses dari dan menuju desa tergolong mudah dicapai melalui jalan utama kabupaten. Tujuan dari kegiatan ini menggali potensi wisata di desa Bukit Tinggi sebagai daya tarik wisatawan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi guna sebagai bahan dalam pembuatan papan informasi, lokasi peletakan bak sampah, petunjuk arah, dan strategi media untuk mempublikasikan desa wisata di leafleat dan media online seperti youtube, instagram dan whatsapp. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut dengan menata dan melengkapi sarana pendukung dikawasan wisata air terjun berupa papan penunjuk arah, papan informasi, papan peringatan, dan tempat sampahagar wisatawan dapat dengan mudah menjangkau lokasi kawasan air terjun dan menjadi tertarik untuk berwisata. Sedangkan pemberian informasi mengenai obyek wisata air terjun dengan promosi di akun media sosial seperti youtube, instagram dan grup whatsapp.

Keywords

Potensi wisata, wisata alam, air terjun, desa Bukit Tinggi

PDF

References

  1. Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(April), 1–8.
  2. Rusita. 2007. Studi Pengembangan Produk Wisata Alam Di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat.Tesis. UGM. Yogyakarta. 165p.
  3. Fandeli, C (2002). Perencanaan Kepariwisataan Alam. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur Yogyakarta.
  4. Anonim. 2016. “Lombok Barat sebagai Sustainable Tourism Observatory”,
  5. https://lombokbaratkab.go.id/lombok-barat-sebagai-sustainable-tourism-observatory/.Diakses 5Maret 2021.
  6. Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Barat. 2021. Kecamatan Gunung Sari Dalam Angka 2021. Kabupaten Lombok Barat : Badan Pusat Statistik.

Most read articles by the same author(s)