Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

CAPTA (CUPCAKETAUGE) SEBAGAI INOVASI PENGEMBANGAN USAHA DI LINGKUNGAN PUNIA KECAMATAN MATARAM

Abstract

Kelurahan Punia didominasi oleh 36% masyarakat belum bekerja dan sisanya sebagai produsen BUSLON (bus-busan dan lontong) atau disebut sebagai tauge dan lontong. Namun, usaha ini tidak mengalami pengembangan dan hanya dijual secara mentah di pasar atau sebagai olahan pendamping makanan. Sehingga diperlukan inovasi produk dengan memanfaatkan potensi wilayah tersebut yaitu tauge. Metode pelaksanaan dari Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) P1000WB yaitu observasi lapangan, untuk memahami potensi dan mencari mitra produsen tauge, sosialisasi inovasi produk, pelaksanaan program (produksi dan pemasaran). Program kegiatan pengabdian ini terdiri dari tiga program utama. Kegiatan pertama yaitu sosialisasi inovasi produk, yang diikuti oleh 20 perwakilan masyarakat wilayah Punia menggunakan sistem door to door dengan melakukan pembagian sampel CupcakeTauge, penjelasan langkah-langkah pembuatan CupcakeTauge mengacu pada brosur yang dibagikan, dan pengisian kusioner sosialisasi. Kegiatan kedua yaitu produksi CupcakeTauge yang dilaksanakan langsung oleh Mahasiswa selama 4 minggu dengan total 7 kali produksi dan membutuhkan modal sejumlah Rp. 439.220. Kegiatan ketiga yaitu promosi dan pemasaran menggunakan sosial media dan whatsapp broadcast dengan sistem pengiriman produk COD (Cash on Delivery). Kegiatan ini dapat menghasilkan penjualan produk sebanyak 76 kotak Cupcake (isi tiga cup) dengan total keuntungan sebesar Rp. 320.780. Berdasakan data kusioner online yang diisi oleh para konsumen dinyatakan bahwa sebanyak 56,5% konsumen sangat suka dengan CupcakeTauge dan 39,1% suka. 60,9% konsumen ingin membeli kembali produk CupcakeTauge. Maka usaha CupcakeTauge ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Keywords

Cupcake, Tauge, Usaha, Inovasi

PDF

References

  1. Tampatty, G. C., N. S. H. Malonda, M. D. Amisi. 2020. Gambaran Pola Makan Pada Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Selama Masa Pandemi COVID-19. KESMAS, 9(6): 46-52.
  2. Mahandika, T. G. R., Kusnila., A. Aisyah, Warjito., H. H. Pranata. 2019. Brownies Tauge Coklat. WASANA NYATA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 3(1): 135-136.
  3. Pemerintah Kota Mataram Kelurahan Punia. 2018. Profil Kelurahan Punia Tahun 2018. Pemerintah Kota Mataram Kelurahan Punia.

Most read articles by the same author(s)