Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN ARSIP DESA DAN SOSIAL MEDIA BERBASIS DESA DIGITAL

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu pendidikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh masyarakat yakni pemanfaatan teknologi informasi atau tidak terealisasinya penggunaan teknologi informasi secara tepat oleh masyarakat. KKN dengan tema Desa digital berlokasi di Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, yang dimana potensi unggulan atau daya tarik desa tersebut adalah tingkat kemajuan teknologinya yang sudah bagus namun perlu dikembangkan kembali. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah membantu pembuatan website untuk arsip surat menyurat di kantor Desa Jenggala. Proses arsip tersebut nantinya akan sangat membantu karena datanya tersusun rapi sehingga dapat dikelola dengan baik pula. Metode dalam digitalisasi desa ini adalah dengan membuat E-Arsip menggunakan bahasa program PHP dan pembuatan sosial media desa yaitu Instagram (IG). Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu berupa teknologi E-Arsip dan Sosial Media Instagram.

Keywords

Desa Digital, E-Arsip, Sosial Media

PDF

References

  1. Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII). 2008. Pengguna Internet Indonesia. APJII. Jakarta
  2. Internet World Stat. Internet Usage Statistics World Internet Users and Population. http://internetworldstat/stat.htm (31 Desember 2008)
  3. Lombok post. 2020. Juara Kampung Sehat di Lombok Utara, Ini Dia Inovasi Desa Jenggala. (https://lombokpost.jawapos.com/ntb/08/10/2020/juara-kampung-sehat-di-lombok-utara-ini-dia-inovasi-desa-jenggala/)
  4. PT. Telkom. 2005. ”Pengembangan Desa Digital Upaya Telkom Menjembatani Kesenjangan Digital. PT Telkom. Jawa Tengah dan DIY
  5. Pemerintah Desa Jenggala. 2021. Profil Desa Jenggala 2021. Pemerintah Desa Jenggala Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.