Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

PENERAPAN ALAT PENGASAP IKAN RAMAH LINGKUNGAN DI SENTRA PENGASAPAN IKAN KAMPUNG BUGIS AMPENAN MATARAM

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2014 di sentra  pengasapan ikan  Kampung Bugis yang terletak di Kelurahan Ampenan Selatan, Kecamatan Ampenan Kodya Mataram Nusa Tenggara Barat Tujuan kegiatan ini adalah mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan  bermitra dengan anggota kelompok nelayan di wilayah Kampung Bugis agar dapat membuat, menerapkan dan menggunakan alat pengasap ikan yang ramah lingkungan dibandingkan dengan alat yang digunakan sebelumnya, masih berasap, kualitas ikan yang dihasilkan kurang bagus Secara garis besar pelaksanaan  kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode teori dan praktek pembimbingan teknik pengasapan ikan. Luaran kegiatan berupa transfer ketrampilan teknik pembuatan dan langkah penerapan pengasapan ikan yang ramah lingkungan, serta buku manual teknik pengasapan ikan. Dalam jangka panjang, program pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kelompok nelayan tersebut dan sekitarnya dan juga penerapan ekonomi kerakyatan.

Keywords

Kelompok nelayan, alat pengasapan ikan, sentra pengasapan ikan, ramah lingkungan

PDF

References

  1. Sujita, Sultan (2015), Alat Pengasapan Ikan Tipe Kabinet (Model Oven) Untuk Kelompok Nelayan Ampenan. Laporan Program Iptek Bagi Masyarakat, LPPM Universitas Mataram
  2. Prasetyo, D.Y. Budi, Darmanto, Y. Sastro& Swastawati, Fronthea (2015), Efek perbedaan suhu dan lama pengasapan terhadap kualitas ikan bandeng (Chanos chanos Forsk) cabut duri asap. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 4(3).
  3. N. M. Ibrahim (2014), Uji mutu ikan cakalang asap dari unit pengolahan ikan di Provinsi Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo
  4. F. Swastawati, B. Cahyono& Wijayanto, D. Wijayanto (2017), Penerapan ipteks asap cair pada sentra pengasapan ikan di Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. INFO, 17(3), 143-165.
  5. Widiyanto, W. Nur, Ibrahim, Ratna & Anggo, Apri Dwi (2015), The Effect of Processing Temperature of Simple Steam Jacket on The Quality of White Spotted Whipray Rays Liver Oil. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 18(1).
  6. Jeujanan, Samuel, Ijong, G. Frans, Onibala, Hens & Mentang, Feny (2015). Organoleptic quality and TPC of smoked skipjack tuna (Katsuwonus pelamis, L) in Jayapura, Papua.AQUATIC SCIENCE & MANAGEMENT (J. Ilmu dan Manajemen Perairan), 3(1), 26-31.
  7. Yuniarti, Tatty, I. Jubaedah, G. Wiryati dan R.J. Napitupulu (2015). Ikan Patin Asap (Pangasius), Perikanan dan Kelautan 9(1):55–62. doi: 10.33378/jppik.v9i1.57.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.